Silahkan Chat ke WA Sugi : 0815-4585-9314

Panduan Dasar media Promosi produk Affiliasi Indonesia

Bismillah.

kali ini saya ingin berbagi ilmu "DAGING" yang saya kupas secara gratis di sini..
supaya anda betul-betul mengenal dan mengerti dengan strategi :

Panduan Dasar media Promosi produk Affiliasi Indonesia

sebagai pemula saya menyarankan untuk berbisnis Affiliasi.karena bisnis Affiliasi selain komisinya besar juga menguji marketing kita sendiri.
sehebat apa marketing yang kita lakukan langsung aja yach saya bahas dan bagikan. 

Bisnis affiliasi adalah salah satu bagian dari bisnis online dimana keuntungan didapatkan dalam bentuk komisi atas terjadinya penjualan produk.
anda mendapatkan komisi untuk setiap produk yang dibeli pengunjung melalui link referensi Anda.Setelah bergabung di program affiliasi Anda akan mendapatkan sebuah link referensi. Link referensi Anda ini bentuknya adalah sebagai berikut:

http://sirajablog.blogspot.com/?ref=USERNAME

Link inilah yang kemudian akan Anda promosikan untuk mendapatkan komisi penjualan. Link tersebut bisa Anda pasang di jejaring sosial seperti Faceebook atau Twitter, email atau pun blog Anda. Pastikan untuk menuliskan link referensi dengan benar, karena bila Anda salah menuliskannya maka link tersebut tidak akan terbaca sebagai website replika Anda.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis affiliasi adalah kemudahan Anda dalam menjalankan bisnis. Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan ide dan pembuatan produk, pembuatan website dan mengatasi keluhan-keluhan yang mungkin datang dari konsumen. Sebagai affiliasi, Anda hanya akan fokus 100% pada promosi link referensi Anda. Begitu terjadi penjualan, Anda pun akan menerima komisi. Semakin banyak penjualan maka semakin besar pula komisi yang Anda dapatkan. 

Untuk memantau perkembangan bisnis affiliasi Anda, Anda bisa melihat data-data yang kami sediakan di affiliate area, antara lain:

- Calon Pembeli
Data yang ada di bagian calon Pembeli ini berisi keterangan yang sama seperti di atas, namun bedanya di sini adalah status yang masih 'calon pembeli'. Para calon pembeli ini adalah pengunjung yang datang ke website replika Anda yang kemudian mengisi form pemesanan namun BELUM melakukan transfer.

- Banner Promosi
Di bagian ini tersedia alat bantu berupa file-file gambar untuk Anda tempatkan di website Anda. Cara pemasangannya juga mudah, cukup dengan mengcopy kode yang tersedia di halaman website Anda. Di dalam kode tersebut sudah tercantum link referensi Anda.

- Statistik kunjungan
Ini adalah fasilitas unggulan dari tipshamil.com dimana Anda bisa memantau dari mana pengunjung datang dan bahkan apa saja yang mereka klik selama berada di website replika Anda. 

Dengan membagikan strategi promosi yang telah terbukti berhasil bagi sebagian affiliasi kami, besar harapan kami bahwa metode tersebut bisa dipraktikkan juga oleh rekan-rekan affiliasi yang lain. Ini semua bertujuan untuk membantu semua rekan affiliasi agar bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dalam waktu yang relatif singkat. 

Hal yang paling fundamental dalam program afiliasi ini adalah URL web replika Anda sebagai afiliate. Tanpa menggunakan URL web replika Anda, penghitungan komisi tidak akan bisa dilakukan.
Jadi, semua proses promosi yang Anda lakukan pada prinsipnya adalah menyebarluaskan alamat URL web replika Anda sendiri. Nah, Anda bisa menggunakan media-media berikut ini untuk mempromosikan URL website replika Anda:
  •     Blog
  •     Jejaring sosial
  •     Forum
  •     Komentar di blog/situs
  •     Blackberry Messenger (BBM)
  •     Video
  •     File Power Point
  •     Email
  •     PPC (Pay Per Click)
  •     Iklan Baris Gratis 
STRATEGI PROMOSI 
 
    Blog  
 
Salah satu cara paling efektif untuk melakukan promosi Affiliasi adalah melalui blog.
Selain karena Anda bebas memasang banner promosi di blog Anda sesuka hati, keunggulan dari berpromosi lewat blog adalah Anda bisa menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda promosikan dengan lebih detail melalui artikel.

Pengunjung blog Anda juga bisa berkomunikasi dengan Anda melalui kolom komentar sehingga terjadi komunikasi dua arah.

Elemen terpenting dalam berpromosi melalui blog adalah kualitas artikel. Artikel yang Anda tulis sebaiknya mengandung unsur berikut ini:

A). Pokok Permasalahan

Dalam hal ini masalah utama yang dialami para pembaca blog Anda.
Mereka mencari solusi untuk masalah mereka tersebut dan Anda menulis artikel untuk menyediakan “jawaban” dan “solusi” yang mereka butuhkan
 
 B). Resiko Yang Bisa Terjadi

Dewasa ini terdapat sangat banyak pilihan produk pemutih wajah yang dijual di pasaran, sehingga pembaca dituntut untuk bisa mengetahuinya.
 
C). Saran-Saran Yang Bisa Anda Berikan

Anda sebaiknya memberikan saran-saran terlebih dahulu sebelum menyarankan Anda bisa menyarankan dengan produk Affiliasi yang anda pasarkan.
 
D). Referensi Yang Anda Rekomendasikan
 
tawarkan produk Affiliasi yang anda pasarkan di sini dengan kata yang menarik dan mengagumkan.
 
F). Penutup

Di bagian penutup Anda bisa menuliskan rasa empati Anda terhadap masalah pembaca dan memberi dukungan moril untuk mereka untuk tetap berusaha mencari solusinya.

Nah, point-point di atas hanyalah gambaran umum bagaimana menyusun sebuah artikel yang memiliki kekuatan psikologis terhadap pembaca.

Perlu diingat bahwa dalam menulis artikel hendaknya didasari oleh keinginan untuk membantu pembaca Anda mengatasi masalah mereka.

Strategi ini hanya untuk membantu Anda dalam mengkonsep artikel yang menarik. Pada akhirnya, kualitas artikel akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan promosi Anda lewat blog.
Jejaring sosial
 
Dewasa ini keberadaan media sosial benar-benar memberikan dampak yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Tengoklah bagaimana keberadaan Facebook, Twitter, Instagram dan medsos lainnya saat ini.

Keterikatan banyak orang pada media sosial yang mereka akses hampir setiap waktu telah menjadi wadah untuk menjual dan memasarkan produk apa saja yang menjadi kebutuhan mereka.

Nah, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk Affiliasi anda secara gratis dan hasilnya bisa cukup memuaskan, apalagi jika Anda memiliki akun dengan friends atau followers yang cukup banyak.

Hanya saja, untuk bisa berpromosi di situs jejaring sosial Anda perlu bergabung dan memiliki akun pada situs seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan sebagainya.

Caranya cukup jelas, yaitu dengan menempatkan link referensi Anda (URL web replika) dalam status atau tweet yang Anda posting. Tetapi jangan sekedar link saja, disarankan untuk menuliskan kalimat dalam status dan tweet yang bunyinya adalah memberi solusi kepada para teman atau followers Anda.

Contoh:

    "Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg punya masalah dengan wajah. Coba cek di sini: [LINK DI SINI]. Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain"

    "Nih situs yang oke buat kamu yang punya masalah dengan wajah kusam/gelap: [LINK DI SINI]"

    "Buat teman2 yang mau memutihkan wajah dengan aman dan nyaman, bisa dicek infonya di sini: [LINK DI SINI]. Mudah2an membantu!"


Kalimat-kalimat di atas hanyalah sekedar contoh. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan gaya bahasa Anda masing-masing. Sebaiknya dihindari penggunaan gaya bahasa dan gaya penulisan yang alay.
 
Forum
 
Ada banyak forum diskusi online yang saat ini ramai dikunjungi oleh pembaca, seperti Kaskus, Detik Forum, Kompas Forum dan sebagainya. Ribuan bahkan jutaan pembaca hadir setiap hari menyimak informasi terbaru di dalamnya.

Forum-forum tersebut sebenarnya bisa Anda gunakan sebagai media mempromosikan produk Affiliasi dengan menggunakan URL web replika afiliasi Anda.
Berpromosi di dalam forum adalah salah satu cara yang cukup efisien dalam menjalankan bisnis affiliasi Nah, cara berpromosi di forum adalah sebagai berikut:


    Bergabunglah dan jadilah bermanfaat dengan memberi solusi untuk pertanyaan member lain.
    Bangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum menyarankan orang lain untuk mengunjungi website replika Anda. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hal ini.
    Bila Anda bergabung dalam forum HANYA untuk berpromosi dan sangat minim dalam bersosialisai, maka akun Anda kemungkinan besar akan dibanned oleh moderator forumnya.
    Disarankan untuk memasang signature yang me-link ke blog Anda atau ke website replika Anda.

forum-forum yang sesuai dengan tema kita adalah sebagai berikut:
- Forum Weddingku.com
- Forum Detik
- Forum Kaskus

Catatan Penting:
Berkomunikasilah dengan member forum tanpa melakukan spam. Kami mohon kiranya agar Anda juga tidak melakukan kegiatan spam dengan mengirim pesan massal ke inbox para member forum lainnya.
 
Komentar di blog/situs
 
Memberikan komentar pada artikel tertentu yang berkaitan dengan produk yang akan kita promosikan juga merupakan salah satu cara berpromosi yang efektif. Apalagi jika blog atau website itu memiliki pengunjung yang banyak.

Hal yang paling penting Anda lakukan untuk mulai berpromosi melalui komentar di blog atau situs orang lain adalah mencari blog yang ramai pengunjungnya.

Tulislah komentar di bawah artikel yang paling pas denga tema Anda. Jangan lupa untuk menempatkan link referensi Anda di dalam kolom ‘website’ sebelum mulai menulis komentar.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika berkomentar adalah:

Berilah komentar ibarat seorang ahli

Tujuan berkomentar selain untuk mendapatkan backlinks, juga untuk menarik perhatian pengunjung lain untuk mengunjungi website replika Anda. Maka dari itu komentar Anda harus berkualitas.

Triknya, dalam komentar Anda sertakan solusi yang jelas dan tepat. Untuk memastikan kualitas solusi yang Anda berikan, luangkan sedikit waktu untuk melakukan riset dengan cara browsing dulu di Google untuk mencari solusi yang lengkap. Kemudian setelah dapat informasinya lalu Anda tulis ulang dengan menggunakan kalimat Anda sendiri. Pengunjung blog lain akan tertarik dengan jawaban Anda yang kedengarannya sangat ‘ahli’.

Jadilah Kontroversial

Trik yang satu ini bisa Anda coba bila Anda cukup malas untuk melakukan riset di Google. Cukup dengan berkomentar yang bernada ‘membantah’ isi dari artikel dalam blog tersebut.

Membantah di sini tentu saja harus berada dalam koridor tata krama dan kesopanan. Ingat selalu tujuan Anda yaitu berusaha untuk mencari perhatian pengunjung lain agar mereka penasaran dan berpikir “Siapa sih nih? Situsnya apa sih?” Jadi, bila Anda kurang sopan, maka tentu saja pengunjung lain akan kurang respek pada Anda.

Mungkin mereka mengklik link referensi Anda dan mengunjungi website replika Anda, tapi mereka enggan membeli karena sudah duluan merasa kurang nyaman dengan komentar Anda tadi.

HAL-HAL YANG PERLU ANDA HINDARI KETIKA BERKOMENTAR

Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika berkomentar untuk tujuan promosi produk afiliasi yaitu:

Jangan berkomentar yang tidak nyambung

Komentar yang bergaya Jaka Sembung Bawa Golok hanya akan merugikan Anda dan bisnis Anda sendiri. Berkomentarlah dengan relevan dan sopan.

Jangan berkomentar spam
Hindari untuk berkomentar secara massal terutama dengan bantuan software otomatis.

Hindari menempatkan link referensi terlalu sering

Jika Anda menempatkan link referensi Anda terlalu banyak di dalam komentar, besar kemungkinan pemilik blog tidak akan menerbitkan komentar Anda karena adanya kecurigaan Anda cuma memanfaatkan blognya untuk berpromosi.

    Blackberry Messenger (BBM)
 
 Blackberry Mesenger (BBM) kini bukan lagi sesuatu yang mahal dan eksklusif. Fasilitas mesenger ini sudah tersedia bukan hanya di Blackberry device saja, melainkan juga sudah bisa dimiliki oleh pengguna Android yang semakin menjamur di dunia.

Bagi Anda yang menggunakan Blackberry, sebuah keuntungan buat Anda karena bisa menggunakan fasilitas Blackberry Messenger untuk melakukan kegiatan promosi.

Caranya adalah dengan mengirimkan broadcast message kepada semua kontak yang ada di BBM Anda. Perlu diperhatikan untuk tidak mengirim broadcast message terlalu sering karena akan mengganggu para kontak Anda tentunya.

Trik dalam berpromosi lewat BBM adalah dengan mengirim pesan yang NATURAL. Isi pesan mengandung unsur ‘membagi informasi’ dan sama sekali harus menjauhi kalimat yang megandung unsur promosi.

Tempatkan diri Anda sebagai teman yang membagikan informasi tentang solusi dengan harapan informasi tersebut bisa membantu rekan-rekan Anda, sanak keluarga mereka atau mungkin rekan mereka yang lain.
 
Yang perlu diperhatikan di sini adalah sebaiknya Anda menggunakan fasilitas URL shortener untuk link Anda. Pada halaman member area AhliJerawat.com sebenarnya sudah kami sediakan URL web replika yang sudah disingkat melalui layanan TinyURL.

Namun Anda juga bisa menggunakan fasilitas dari bitly.com atau Goo.gl untuk memendekkan link referensi (URL web replika) Anda.

Catatan Penting:

Gunakan kalimat persuasif di akhir kalimat untuk mengajak rekan-rekan Anda mem-forward pesan Anda tersebut. Metode ini sudah terbukti sangat ampuh untuk menyebarkan link referensi dengan cepat dan efektif.

    Video
 
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa situs-situs video semakin populer di Indonesia seiring semakin baiknya kecepatan koneksi internet. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan situs video seperti Youtube, Vimeo dan Vidio.com untuk mempromosikan website replika Anda.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan video marketing tentunya sudah tidak mengalami kendala berarti. Tapi untuk para affiliasi yang belum pernah menjalankan promosi melalui Youtube mungkin akan merasa sedikit bingung.

Berikut ini cara mudah untuk berpromosi di Youtube:

a). Pertama-tama Anda mencari gambar-gambar di internet yang ada hubungannya dengan masalah perawatan wajah atau cara memutihkan wajah.
 
 b). Masukkan gambar-gambar tersebut ke dalam aplikasi Windows Movie Maker. Sehingga menjadi sebuah timeline (gambar saling tersambung).
 
c). Tambahkan kata-kata di dalam video sesuai keinginan Anda. Kalimatnya tidak perlu panjang-panjang, yang penting adalah membuat penonton merasa penasaran untuk mengunjungi website replika Anda nantinya

d). Masukkan file-file musik (sebaiknya yang bebas lisensi dan berjenis intrumental) sebagai musik latar

e). Save sebagai file .wmv dan upload ke Youtube

f). Masukkan link referensi Anda di bagian paling awal dalam kolom ‘description’.
    File Power Point
 
Anda agak kesulitan dalam membuat video? Anda tetap bisa berpromosi dengan metode yang sama namun caranya jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan mengupload ke www.slideshare.net file presentasi yang dibuat dengan aplikasi seperti Microsoft Power Point.

Caranya sangat mudah. Anda tinggal menggunakan aplikasi Microsoft Power Point dan menuliskan kalimat-kalimat promosi Anda di dalamnya.

Sebaiknya Anda menggunakan pola menulis artikel blog seperti yang telah kami jelaskan di bagian awal panduan ini untuk memastikan promosi Anda cukup kuat untuk aspek psikologis calon konsumen.

File presentasi yang Anda buat tidak harus menggunakan gambar-gambar terlalu banyak. Presentasi yang simpel pun tidak masalah. Yang perlu diingat di sini adalah jenis font yang Anda pakai harus mudah dibaca. Ukurannya jangan terlalu besar dan jangan pula kekecilan.

Setelah file selesai dibuat, daftarkan diri Anda di www.slideshare.net dan upload file tadi. Jangan lupa untuk menyertakan link referensi Anda di kolom ‘description’ yang tersedia.
    Email
Promosi melalui email adalah salah satu metode yang paling dahsyat dalam internet marketing di dunia. Caranya Anda bisa memanfaatkan layanan email autoresponder seperti Aweber, iContact atau GetResponse.

Anda juga bisa menggunakan layanan email autoresponder dalam negeri yang harganya cukup murah, seperti ProfitSender.com, VioSender.com, MailsBot.com dan lain sebagainya.

Untuk memulai promosi lewat email pastinya Anda membutuhkan daftar email terlebih dahulu. Daftar email ini bisa Anda dapatkan dengan membuat kolom opt-in di blog Anda.

Kolom opt-in tersebut adalah kolom tempat pengunjung Anda menuliskan nama dan alamat email mereka. Bila Anda menggunakan jasa autoresponder maka nama dan alamat mereka langsung terekam di database akun Anda.

Tentu saja Anda harus memberikan ‘hadiah’ untuk menarik minat pengunjung blog Anda mengisi kolom opt-in. Hadiah yang Anda berikan bisa berupa ebook, aplikasi gratis, file audio atau yang lainnya. Tanpa ‘hadiah’ seperti ini maka akan sangat sulit mengharapkan pengunjung blog Anda mengisi opt-in.

Bila daftar alamat email Anda sudah cukup banyak, maka Anda bisa mulai mengirim pesan massal dan juga membuat jadwal pengiriman email secara berkala. Kedua fitur inilah yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Aweber, iContact atau GetResponse.
    PPC (Pay Per Click)
 Mempromosikan URL web replika afiliasi Anda juga bisa dilakukan dengan memasang iklan pay per click (PPC) seperti misalnya Google AdWords, Facebook Ads atau PPC lokal Indonesia (AdRewa.com atau KlikSaya.com).

Hanya saja, untuk memaksimalkan promosi lewat program PPC dibutuhkan keahlian tersendiri, juga waktu untuk bereksperimen dengan berbagai pengaturan yang cukup rumit terutama untuk kalangan pemula.

Bila Anda memiliki dana yang cukup Anda tentu bisa belajar menggunakan PPC karena metode promosi ini kelak bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis apapun yang Anda jalankan di internet.

Hanya saja, kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko tingginya dana yang Anda keluarkan. Seperti yang telah kami sebutkan tadi, untuk Anda yang belum berpengalaman bermain program PPC, kami sarankan untuk hanya menggunakan metode-metode sebelumnya yang tidak membutuhkan biaya apa pun.

    Iklan Baris Gratis 
Ada banyak sekali layanan iklan baris di internet, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Nah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas iklan baris gratisan untuk mempromosikan web replika Anda.

Silahkan cari di Google.com dengan kata kunci “iklan baris gratis” dan Anda akan menemukan ribuan situs pemasangan iklan baris gratis di sana.

Umumnya untuk memasang iklan baris gratis tidak membutuhkan pendaftaran apa-apa, langsung saja masukkan detail iklan Anda dan penjelasan seputar iklan yang Anda pasang. Jangan lupa untuk memasang URL web replika Anda ketika mengisi kolom website.
 
Semoga Bermanfaat.
dan menjadi Internet marketer yang sukses yach..


 

Terima Kasih.